• KARYA TUHAN LUAR BIASA

    Agar sembuh dari sakitnya seseorang rela menempuh cara apapun baik medis atau nonmedis (alternatif). kita ingat 'ponari' siputera petir" dari jombang yang konon mampu mengobati hanya dengan mencelupkan batu, miliknya kedalam air. pasien yang ingin sembuh harus meminum air celupan batu tersebut. penyembuhan dikaitkan dengan iman . perempuan yang sakit pendarahan 12 tahun sembuh karena imannya. meskipun sakit, perempuan itu berdesak-desakan agar bisa menjamah jubah yesus. sebab dengan cara itu saja . ia pasti akan sembuh. dari kisah ponari dan perempuan dalam injil itu tampak betapa besarnya kekuatan keyakinan seseorang.

    Hanya saja dalam injil ditegaskan mukjizat penyembuhan itu untuk menunjukkan bahwa yesus memperhatikan orang-orang menderita dan membutuhkan pertolongannya. berbeda dengan ponari, ada panitia dibentuk dan sekelompok orang mengambil keuntungan materi dibalik " kehebatan" anak jombang itu.

    Dalam hal berdoa dan kesembuhan, pengalaman bisa berbicara lain. ada orang yang sudah rajin berdoa, tetap saja sakitnya tak kunjung sembuh, hasil belajar nya pas-pasan, usahanya seret. sementara orang lain yang mungkin kegeraja pun tidak, usahanya lancar-lancar saja, bisnis dan karirnya terus menanjak. apakah kalau apa yang kita pinta belum dikabulkan berarti iman kurang kuat?

    Iman janganlah dikaitkan dengan dikabulkan atau tidak dikabulkannya doa, kalau kita berdoa dengan penuh iman, akan menyerahkan segalanya kepada tuhan. yakinlah tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kita. kita juga tidak protes, kalaupun doa tidak dikabulkan. tuhan sering berkarya secara luar biasa berkat iman seseorang. tetapi iman tidak menggantikan usaha kita. iman tidak boleh membutakan mata sehingga kalau seseorang sakit tidak cukup hanya berdoa, tetapi harus berobat. ingin sukses ujian mesti belajar, tak cukup berdoa saja. ingin sukses berbisnis harus rajin mencari peluang. doa saja tidak cukup , usaha saja juga tidak cukup. keduanya mesti berjalan bersama dan seimbang.

0 komentar: