• Panggilan bagi yang berlelah

    Mt 11:28 Marilah kepada–Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

    Bumi ini tempat Anda dilahirkan, adalah tempat sekolah yang paling baik bagi calon-calon Keluarga Allah! Allah Bapa kita sedang membuat keluarga besar, tapi Ia mulai dengan memerintahkan Anak-Nya, Yesus, membentuk manusia di muka bumi ini, serupa dengan Dia bahkan menurut peta (according to Our likeness) Keluarga Allah yang telah ada di surga, jauh di masa lampau yang kekal.Timbul pertanyaan di dalam hati Anda tentunya, mengapa Dia sengaja membuat Adam dahulu di bumi, yang nota bene adalah tempat pembuangan para pemberontak dari surga, yakni Lucifer dan malaikat-malaikatnya karena dia mau meninggikan dirinya dan menyamai Allah Bapa yang Maha Tinggi itu? Sejak kejatuhan Lucifer, Dia tidak segera membuang malaikat-malaikat jatuh itu ke tempat pembakaran sampah-sampah surgawi yakni di neraka. Mengapa? Karena Dia hendak menjadikan mereka sebagai trainer, pelatih bagi calon anak-anak-Nya di bumi ini. Sebenarnya bukankah Anda merasa bahwa dengan Ia membuat manusia, membuat Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat lalu mengucapkan larangan memakan buah itu di depan hidung si setan, bukankah agak disengaja, supaya Adam dicobai oleh iblis yang jahat itu? Sedang Adam masih sangat ‘bloon’, belum berpengalaman tentang betapa licin dan cerdiknya si ular itu, tentu saja dia tertipu habis-habisan. Lihat, Anda perhatikan tidak, si licik itupun lewat ‘samping’ Adam yakni dengan membujuk Hawa, ibu muda yang cantik, manja tapi juga lebih ‘bloon’ dari Adam? (kira-kira begitulah!)

    Bila Anda mau mengerti, Allah Bapa itu sedang membuat keluarga besar dan hendak membentuk anggota keluarga-Nya dengan menyekolahkannya di bumi ini. Yesus-pun disekolahkan-Nya di bumi yang sama ini, dan Ia telah lulus dan sempurna. Anda diharapkan sangat oleh-Nya, dapat menyelesaikan sekolah Anda juga sampai lulus dengan sempurna dari sekolah bumi ini.

    Heb 2:10 Sebab memang sepantasnya Allah––yang bagi–Nya dan oleh–Nya segala sesuatu dijadikan, yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan––juga menyempurnakan Perintis yang memimpin mereka kepada keselamatan melalui penderitaan.

    Ibr 5:8 Sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar taat dari apa yang telah diderita–Nya. 9 dan sesudah Ia disempurnakan, Ia menjadi sumber keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada–Nya.

    Dia ingin Anda menjadi se-cerdik si ular, tak kalah dengan dia, tapi juga harus dalam cara yang tulus dan lembut, seperti Roh Kudus.

    Mt 10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah–tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

    Setelah diberi pendidikan dasar yang cukup, murid-murid-Nya disuruh-Nya pergi terjun ke dalam praktek, berhadapan dengan dunia manusia yang dikuasai oleh si iblis. Maka pesan-Nya: ‘hendaklah kamu cerdik seperti ular’, artinya jangan kalah cerdik terhadap si ular! Ular yang mana? Jelas bukannya murid-murid itu harus lebih cerdik dari ular berbentuk binatang, tetapi si ‘ular‘ dalam dunia roh, yaitu si iblis. Dalam hal ini murid2 dalam praktek disuruh berhadapan langsung dengan si iblis dengan kelicikannya, agar mereka belajar menang terhadap mereka, sementara mereka diajar untuk mengandalkan Roh Kudus yang mengasuh, mendidik, memberi hikmat, membawa mereka ke dalam seluruh kebenaran, sambil berlaku lembut dan tidak kasar, walaupun berhadapan dengan setan2. Perhatikan betapa kasarnya tukang-tukang tengking setan dari aliran kharismatik sekarang dengan main bom, menyiksa, merobek-robek setan, sama sekali tidak lembut seperti Tuhan Yesus dahulu ketika Dia berlawanan dengan setan-setan. (Saya dahulu ketika di zaman kharismatik, juga kasarnya seperti itu dan mengajar orang-orang seperti itu!) Sebaliknya hendaklah kita belajar dari Roh Kudus, "Merpati" surgawi, untuk menang secara elegant, tidak kasar, tapi cerdik memakai Firman yang menjadi rule of the game di dunia pertandingan dengan si iblis ini. Apakah "tulus" itu? Tulus adalah apa yang di hati sama dengan yang diucapkan dan dilakukan seseorang. Tak ada pura-pura, tak ada tipu muslihat ataupun licik! Dahulu ketika dicobai si iblis setelah Ia berpuasa selama empat puluh hari lamanya, Tuhan memenangkan pencobaan si iblis, dengan cara sopan dan lembut, tetap memakai Firman sebagai senjata peperangan, tanpa memaki, mengutuk, menghajar atau menghukum si iblis samasekali ! Dia tidak pakai bom ataupun api untuk menang, hanya Firman! Paling banter Dia hanya menghardik: ”Enyahlah, Iblis!” (Mt 4:10 ; Mt 16:23; Mr 8:33).

    Jadi Anda dan saya sedang dididik oleh satu guru dan satu pelatih, Yakni Roh Kudus dan setan (beserta anak buahnya tentu!). Allah Bapa serius sekali ingin Anda menjadi seperti Tuhan Yesus, bahkan untuk itu Tuhan Yesus dijadikan oleh-Nya Sumber (Pokok) Keselamatan bagi Anda! Bagaimana maksud-Nya? Yesus sendiri disuruh bertanding dulu dengan si iblis, dan menang, lalu benih Roh Anak-Nya yang berkemenangan itu ditanamkan-Nya di dalam Anda. Lalu Anda diberi-Nya status sebagai anak-Allah lalu diberikan-Nya semua fasilitas, pemeliharaan, perlindungan, pelayan malaikat-malaikat, janji-janji, pertolongan, air yang mentahirkan, darah Yesus yang menjadi jaminan keselamatan Anda, manna Firman-Nya yang hidup yang setiap hari Anda boleh dengar dari Dia langsung ke dalam hati Anda. Kalau sampai Anda gagal dan tak lulus pasti bukan salah Dia tentunya, tapi Anda-lah makhluk tak tahu diri yang amat keterlaluan!

    Sekarang, bila dalam rangka sekolah ini Anda banyak mengalami kegagalan dan penolakan dan sakit hati, Tuhan Yesus panggil Anda: “Marilah kepada–Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Ini adalah fasilitas extra, Dia mau bantu Anda karena Dia telah menempuh semua mata pelajaran yang harus dipelajari dalam sekolah yang sama ini dengan hasil cum-laude! Anda yang tertolak, yang terhempas, terdampar, atau beban yang tak kunjung berakhir, Dia mau hiburkan Anda, bantu Anda, mengangkat Anda lagi agar jalan sampai garis akhir dengan kemenangan! Bila Anda termasuk orang-orang yang tertolak dari gereja-gereja karena Anda mengalami pendidikan dunia roh yang amat mengerikan bagi ukuran orang-orang Kristen yang tak mau masuk ke situ, tetapi yang hanya ingin aman, tenang, biasa-biasa saja, hidup dalam berkat-berkat dan ingin happy saja, didampingi oleh dokter-dokter kenamaan di dunia, akhli-akhli hukum, psikolog dan psikiater, akhli-akhli management yang mengatur keuangan mereka, pesta-pesta yang membuat kenangan-kenangan manis, glamour, tersanjung dan terhormat, pertemuan penuh pameran gelar-gelar kesarjanaan dan juga gelar-gelar kerohanian yang hebat, Doktor-doktor, Master-master dan sebagainya, …….

    Bila Anda terkucil dari dunia macam begitu, bahkan sebaliknya ketemu hantu-hantu, arwah-arwah, penyakit macam-macam, lalu dianggap sesat, mari datang ke tim Revival, di sini Tuhan Yesus menyediakan tempat bagi Anda untuk belajar dan dilatih lebih serius untuk menang terhadap setan-setan, dunia orang mati, bahkan memanfaatkan setiap macam encounter (perjumpaan) seperti itu untuk menjadikan Anda cerdik (wise) dan menang dengan tulus dan lemah-lembut, menjadi seperti Tuhan Yesus. Tim Revival mengumpulkan orang-orang aneh seperti Anda untuk diubah menjadi pasukan akhir zaman, yang tahu betul kehendak Tuhannya, kehendak Allah Bapa, bergaul dengan Roh Kudus dengan benar dan dibentuk sehalus Dia, belajar tidak mengutuki orang lain atau menghakimi orang lain hanya karena tidak mengenal alam roh dengan benar. Belajar untuk tidak duduk bersama dengan para pencemooh dan menanti Tuhan menerangkan segala sesuatu. Marilah datang kepada-Nya, Dia yang membentuk tim Revival menjadi tim pribadi-Nya!

    Mzm 1:1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, 2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

0 komentar: